Melalui Literasi, Desa Bangoan Menjadi Desa Sosial Sehat Di Tulungagung Maju Ke Tingkat Propinsi Jawa Timur


Forum Kabupaten Sehat (FORKAB) Tulungagung memilih desa Bangoan kecamatan Kedungwaru sebagai desa dengan kategori Desa Sosial Sehat di Tulungagung yang dipersiapkan maju tingkat provinsi Jawa Timur.







Pemilihan itu karena di desa Bangoan terdapat pusat kegiatan literasi yang dipelopori Sanggar Kepenulisan Pena Ananda Club Tulungagung. Selain kegiatan Membaca, Sanggar yang diasuh Tjut Zakiyah Anshari tersebut mengembangkan kegiatan Menulis.




Dalam pandangan FORKAB Tulungagung, Sangar Kepenulisan Pena Ananda Club Tulungagung termasuk komunitas literasi di Tulungagung yang berkiprah secara mandiri dan kreatif. Sanggar Kepenulisan Pena Ananda Club Tulungagung juga mampu berprestasi tingkat Nasional, terpilih sebagai TBM Kreatif 2015 tingkat Nasional, dalam rangka Hari Aksara Internasional [HAI] ke-50 di Karawang Jawa Barat, 24 Oktober 2015.




Sanggar yang terletak di selatan Pasar Senggol Bangoan itu giat menyebarkan budaya Membaca melalui TBM Sudut Pena Ananda. Unit kegiatan ini menyediakan koleksi buku berbagai kategori mulai buku anak anak sampai dewasa. Selain dapat dimanfaatkan untuk masyarakat desa Bangoan, Sudut Pena Ananda juga diakses umum terutama masarakat Tulungagung.


Sanggar Kepenulisan Pena Ananda Club selama ini juga giat mengembangkan Citizen Journalism atau Jurnalis Warga.


Selain pusat kegiatan Membaca di Sudut Pena Ananda, desa Bangoan juga memiliki Perpustakaan Desa yang dikelola pemerintah desa.




Dalam rangka persiapan dan sosialisasi Desa Sosial Sehat di desa Bangoan, pada hari Sabtu, 14/5/2016, FORKAB Tulungagung menyelenggarakan pertemuan bertempat di Sanggar Kepenulisan Pena Ananda Club.


Muhsin Kalida menrahkan sumbangan buku kepada kepala desa bangoan didampingi ibu ketua PKK desa Bangoan Sri Sundari

Hadir dalam acara itu antaranya dari Dinas Sosial Tulungagung, FORKAB Tulungagung, pihak kecamatan Kedungwaru, pemerintah desa Bangoan, Tim PKK desa Bangoan, dan tentu saja dari Sanggar kepenulisan Pena Anana Club.


Kepala Desa Bangoan, Siswandi.

Acara juga dihadiri Muhsin Kalida seorang tokoh literasi nasional, Ahmad Fauzan sekretaris Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tulungagung, dan beberapa pengelola TBM serta pegiat literasi Tulungagung seperti TBM Alfa Salam desa Panjerejo, TBM CREATIVE desa Kiping, dan Muslih dari komunitas Blogger Tulungagung.


Tjut Zakiyah Anshari menyerahkan buku karyanya kepada kepala desa Bangoan

Siswandi kepala desa Bangoan yang hadir dalam acara itu menyampaikan, terpilihnya desa Bangoan sebagai desa kategosi Sosial Sehat mewakili Tulungagung maju tingkat propinsi, selain mengangkat nama desa Bangoan, juga membawa nama kabupaten Tulungagung. Oleh karena itu ia berharap semua pihak yang terkait dapat mempersiapkannya dengan baik.


Kepala desa Bangoan juga berharap, semoga para warganya semakin bersemangat dalam mengembangkan literasi atau menyenangi kegiatan Membaca.


pak bambang dari FORKAB Tulungagung (batik hijau)

Muhsin Kalida menyampaikan, keberadaan Sanggar Pena Ananda Club merupakan asset atau potensi penting desa Bangoan dan kabupaten Tulungagung. Apalagi pada tahun kemarin, Sanggar Pena Ananda mendapat penghargaan dari pemerintah sebagai TBM kreatif tingkat Nasional.


Muhsin Kalida bincang degan kepala desa Bangoan Siswadi dan ibu ketua PKK desa Bangoan Sri Sundari

Rencananya, dari pihak propinsi Jawa Timur akan melakukan penilaian ke desa Bangoan pada bulan Agustus-September tahun ini. [SIWI SANG]


===================
Tulisan ini sudah unggah di 




Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.