PESTA ANAK KREATIF, Sambut Ramadlan 1437 H


Dunia anak sungguh dunia yang unik, dinamis, plus penuh misteri. Terkadang orangtua harus berjuang menerjemahkan kebutuhan dan harapan anak-anak yang terekspresi melalui beragam cara non verbal. Pun karena masih terbatasnya penguasaan kosa kata, anak-anak kesulitan mengomunikasikannya secara lisan. Sehingga cara-cara yang mereka kembangkan menjadi sebuah tantangan yang unik dan menarik bagi setiap orangtua, pendamping, dan guru.




Itu juga menjadi tantangan bagi Sanggar Kepenulisan PENA ANANDA CLUB, sebagai sahabat keluarga dan ananda dalam pendidikan secara nonformal - informal. Mendongeng sebenarnya sudah menjadi bagian kegiatan Pena Ananda, namun belum intensif, belum menjadi bagian kegiatan yang prioritas dan rutin. Sedangkan, mendongeng jika dicermati, merupakan salah satu pendekatan, metode, untuk menyampaikan pesan-pesan secara lebih menarik, rileks, dan bahkan dapat interaktif, kepada anak-anak. Ya, karena kelompok utama yang dirangkul Pena Ananda Club adalah anak-anak, secara otomatis, orangtua pun akan terlibat aktif.



Dengan pertimbangan itulah, mendongeng dipilih menjadi kegiatan utama yang akan dilaksanakan Pena Ananda selama bulan Ramadlan melalui CERIA RAMADLAN PENA ANANDA, Aku Anak Sholeh Dan Kreatif. Selama 3 minggu sejak tanggal 6 Juni 2016, Ceria Ramadlan menjadi kegiatan ngabuburit di Sanggat Kepenulisan PENA ANANDA CLUB dan Sudut Baca ANANDA.






Untuk mengenalkan kegiatan CERIA RAMADLAN PENA ANANDA, pada hari Minggu 29 Mei dan nanti 5 Juni, digelar PESTA ANAK KREATIF, Sambut Ramadlan 1437H. Terlepas dari upaya Pena Ananda Club yang telah mengirimkan surat ke 3 sekolah di Desa Bangoan, dimana sanggar ini berdomisili, kegiatan ini dihadiri oleh anak pengunjung setia Sudut Baca ANANDA dan keluarga-keluarga sahabat literasi dari desa dan kecamatan berbeda. Semangat mereka untuk putra-putrinyalah yang meringankan langkah untuk mengikuti kegiatan ini meski menempuh jarak kiloan meter.


Tjut Zakiyah Anshari sebagai pendiri sanggar berharap, kegiatan sederhana semacam ini dapat dilakukan oleh pegiat literasi dimana saja. Bersama-sama dengan keluarga-keluarga mewujudkan lingkungan literasi yang menyenangkan, menggairahkan, dan memotivasi semangat berliterasi dan belajar bagi anak-anak Indonesia.


Bagi sahabat keluarga yang belum sempat hadir di PESTA ANAK KREATIF tanggal 29 Mei, masih dapat hadir di tanggal 5 Juni, ataupun selama 3 minggu Ramadlan mulai pukul 15.00 sampai 17.15, setiap hari sejak tanggal 6 Juni 2016.


Sampai jumpa dan salam hangat, salam literasi.


Share on Google Plus

About Tjut Zakiyah Anshari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.