Parenting dan Manfaat Literasi


       Jum'at, 14 Desember 2018, workshop pertama di Jimus Literacy Camp diadakan bertempat di Joglo Pucangan dengan tema Parenting yang disampaikan oleh Mbak Maya Lestari GF. Materi yang disampaikan dalam workshopnya sangatlah menarik. Dimana beliau memberi beberapa tips dalam mengatasi anak yang malas dalam belajar bahkan malas sekolah.

      Beliau memberikan tips untuk mengatasi anak-anak seperti itu dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan memberikan home schooling kepada mereka. Selain itu, orangtua harus rutin membacakan cerita kepada mereka, supaya dia bisa tertarik pada membaca. Manfaat membacakan cerita kepada mereka adalah untuk mengasah imajinasi mereka dalam mengasah hal-hal abstrak. Menurut penelitian, ternyata kemampuan mengasah hal-hal abstrak akan meningkatkan kemampuan matematika seseorang. Matematika sangat sering melibatkan hal-hal abstrak. Kemajuan suatu negara juga dapat diukur dari kemampuan matematikanya. Jadi, membacakan cerita kepada anak mampu membuat kemampuan matematika seseorang meningkat.


Mbak Maya Lestari (kerudung hijau) memberikan materi workshop di Joglo Pucangan

       Jika anak-anak sudah terbiasa membaca maka mulai ajaklah mereka dengan menulis. Ajaklah mereka menulis sesuatu yang mereka senangi. Melalui membaca dan menulis dapat meningkatkan atau mengolah kemampuan berfikir mereka, sehingga membuat mereka kreatif dan cerdas.

       Pada malam harinya, dilanjutkan dengan workshop yang berjudul Galian Literasi Desa. Workshop kali ini disampaikan oleh kakak-kakak yang super istimewa dan kreatif mereka adalah Kak Yessy, Kak Dewi dan Mbak Maya Lestari GF. Mereka menyampaikan bahwa dengan diadakannya sebuah literasi dalam desa akan banyak memberi manfaat kepada anak-anak desa. Manfaat-manfaat itu seperti yang telah disampaikan oleh Kak Yessy bahwa menulis itu akan memudahkan segala sesuatu karena dengan menulis kita akan terbiasa memetakkan sesuatu, mengeluarkan segala uneg-uneg yang ada di kepala,  menulis juga bisa sebagai pelarian diri.


Dari kiri, Pak Anton, Kak Dewi, Kak Yessy, Mbak Maya Lestari dan moderator

       Manfaat menulis yang lainnya juga disampaikan oleh Kak Dewi bahwa dengan menulis kita dapat membuka potensi diri. Membaca juga banyak memberikan manfaat salah satunya dapat membuka pikiran kita. Menurut Mbak Maya Lestari cara menumbuhkan minat baca anak-anak adalah dengan membacakan buku kepada mereka.

       Menurut Pak Anton menegakkan literasi desa dimulai dari hal-hal kecil atau sederhana, seperti membaca di rumah. Namun hal terpenting dari itu semua adalah harus ada fasilitas dan sumber daya manusia yang menjalankannya. Acara workshop setelahnya juga dihibur oleh penampilan mendongeng dari Kak Yessy yang sangat seru.
Share on Google Plus

About Fitria Nindy

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Mantap sekali. Semoga spirit dan virus literasi yang dimulai dari gerakan desa, akan menular dengan cepat ke desa-desa sekitar Jimus. Salam literasi 🤙🏼🤙🏿🤙🏼🤙🏿

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.