Reading Rally Keempat di Hutan Kota Tulungagung

Oleh: Nazliyatul Akhbaroh

         Tulungagung, Minggu (15/5/2019) sekitar pukul 07.30 WIB di Hutan Kota Relawan Pena Ananda Club melaksanakan kegiatan rutinannya, yaitu Reading Rally - membaca untuk kebahagiaan. 

        Kali ini, dua relawan yang bertugas di Hutan Kota, yaitu kak Aning dan kak Nazliya. Setibanya (relawan) di sana ada sekelompok anak sedang bermain dekat gazebo; kurang lebih ada lima anak. Relawan mencoba mendekat dan mengajak untuk membaca dan berbagi cerita. Diajaklah mereka untuk mengenal buku di gazebo. Bermula dari berkenalan, bergurau, membaca buku, lalu bertukar cerita. Lima anak tersebut usianya berkisar antara 10-11 tahun. Kami mengeluarkan bermacam-macam buku, dan mereka dengan sangat antusias memulai mencari dan mecoba membaca buku pilihan mereka. 

         Membuat susasana lebih menyenangkan, kak Aning membacakan salah satu buku dan mengemas cerita tersebut dengan penuh canda. Bukan hanya itu, bermain tebak-tebakan menggunakan buku Tebak Gambar juga dilakukan, dan tanggapan mereka positif, mereka senang. Bertukar cerita juga dilakukan, memberikan petuah juga diberikan, apa pun dilakukan (selagi baik) untuk menebar kebahagian. 

Kakak Aning membacakan buku kepada adik-adik

          Pagi hari di Hutan Kota masih nampak sepi, namun menjelang siang mulai banyak pengunjung yang datang. Target selanjutnya masih sama seperti tadi, anak SD berumur 10-11 tahun. Ada tiga anak lain sedang berjalan santai, relawan memanggilnya dan mengenalkannya dengan berbagai buku. Yang dilakukan kurang lebih sama, bermain Tebak Gambar, membacakan buku cerita ber-bahasa Inggris, belajar bahasa Inggris sederhana, bertukar cerita. Kali ini, relawan yang mencoba membacakan adalah kak Nazliya. 

Kakak Nazliya membacakan  asik membacakan buku kepada adik-adik

               Semuanya nampak begitu antusias, itu terbukti dengan lontaran pertanyaan dari salah satu anak, namanya Farhan, "Mbak, sok Minggu rene? Gawakno buku Danur yo mbak, gawakno komik yo mbak." Sederhana kata-kata mereka, namun dengan begitu menampakkan bahwa ada kerertarikan yang kuat dan minat baca yang bagus dari mereka. Selagi bisa berbagi kebahagiaan, kenapa tidak dijadikan agenda rutinan? Membaca untuk kebahagiaan.

Kakak Nazliya foto bareng bersama adik-adik yang di Hutan Kota

Share on Google Plus

About Fitria Nindy

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.