Reading Rally Ketiga di Hutan Kota Tulungagung

Oleh: Siti Fatikhaturrohmah

             Minggu, 12 Mei 2019, di Hutan Kota (HuKo) Tulungagung, relawan dari Pena Ananda Club melakukan kegiatan rutinnya yaitu Reading Rally. Minggu tersebut adalah awal kali Reading Rally dilakukan pada bulan Ramadhan. Beberapa Relawan yang bertugas di sana yaitu Nazlia, saya (Fatikha) dan Azizah berangkat pada pukul 07.00 tepat.

               Setibanya di sana, kami tak melihat seorang anak yang dapat kami jadikan sasaran Reading Rally, hanya ada seorang balita yang digendong oleh orang tuanya dan belum cukup usia jika menjadi sasaran Reading Rally kami. Akhirnya kami pun mengelilingi HuKo hingga taman bagian belakang. Tak disangka, ternyata di sana kami dapati sebuah keramaian, yang tak biasa menunjukkan suasana HuKo. Ternyata pada hari itu, ada acara foto-foto dari Sekolah Dasar (SD). Beberapa Photobooth mulai dipasang ketika kami datang. Memang tak dipungkiri bahwa pemandangan taman bagian belakang lebih menarik dari pada taman bagian depan.  Kebanyakan anak yang disana adalah peserta foto, namun ada beberapa yang memang berniat untuk jalan-jalan dan bermain sembari menikmati waktu weekendnya. 

Kakak Fatikha sedang membacakan cerita kepada adik-adik

         Tak berfikir lama, kami pun bergegas menghampiri anak-anak tersebut, kemudian menawarkan sekaligus mengajak mereka membaca buku bersama. Tanggapan mereka sangat baik, bahkan mereka begitu antusias ketika kami bacakan buku. Sekitar 2-3 buku yang kami bacakan pada mereka. Disisi lain, ada juga beberapa anak yang menolak untuk kami bacakan buku. Kebanyakan yang menolak adalah mereka yang didampingi orang tuanya dan yang akan berfoto. Hingga kami heran dan bertanya-tanya apa sebenarnya yang membuat anak-anak itu tidak mau dan menjadi terlihat lebih pemalu ketika didampingi orang tuanya?

Kakak Nurul sedang membacakan cerita kepada adik-adik
               Memang hal tersebut sering ditemui oleh para relawan Pena Ananda dalam beberapa acara, akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat para relawan dalam menjalankan tugasnya. Akhirnya, usailah kami berkeliling dan menghampiri satu per satu anak yang ada di sana. Sebelum beranjak pulang, ada seorang ibu yang menanyakan pada kami tentang acara Reading Rally yang kami lakukan yang kemudian perbincangan kami berujung pada pengenalan tentang Pena Ananda.

Kakak Nazliya sedang membacakan cerita kepada adik-adik

Share on Google Plus

About Fitria Nindy

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.