Reading Rally Ketiga di Taman Ketandan Kauman

Oleh: Erfina Jamil

         Minggu, 12 Mei 2019, adalah kali ketiga relawan Pena Ananda Club melakukan kegiatan Reading Rally, namun minggu ini menjadi Reading Rally pertama selama memasuki bulan Ramadhan. Seperti Reading Rally pada minggu sebelumnya, Reading Rally kali ini dibagi dalam lima tempat, salah satunya adalah Taman Ketandan, Kalangbret, Tulungagung. Ada tiga relawan yang bertugas di sana, yaitu saya (Erfina), Kak Hellin, dan Kak Dewi.

          Kami tiba di lokasi sekitar pukul 07.30. Keadaan di sana masih cukup sepi, hanya terlihat beberapa anak dan balita yang didampingi orangtuanya sedang asyik bermain di arena permainan. Di sisi selatan taman, ada tiga orang remaja yang asyik bermain dengan gawainya. Di sisi lain ada gazebo yang lumayan besar, di sana terlihat ada bapak-bapak dan ibu-ibu. Akhirnya kami menemui bapak dan ibu itu, sekaligus menggelar buku-buku yang kami bawa di dekat bapak dan ibu itu, harapannya siapa tahu bapak dan ibu itu mau baca-baca buku.

Sahabat relawan menggelarbuku di gazebo untuk menarik adik-adik membaca buku

           Karena keberadaan anak-anak terpencar di beberapa arena permainan, akhirnya kami juga memencar. Kak Hellin membacakan buku pada seorang adik perempuan yang awalnya asyik bermain perosotan. Adik perempuan tersebut terlihat bahagia ketika dibacakan buku oleh Kak Hellin. Tidak hanya itu, ibu dari adik perempuan ini juga turut membaca buku-buku yang kami gelar di gazebo. Sedangkan Kak Dewi, membacakan buku pada adik perempuan berjilbab bersama ibunya di gazebo. Adik perempuan ini masih malu-malu, justru adiknya yang laki-laki terlihat antusias melihat-lihat buku yang kami bawa. Namun, tidak berapa lama akhirnya adik-adik ini diajak pulang, padahal si adik laki-laki masih ingin melihat-lihat buku. Sementara saya mencoba menemui tiga orang remaja yang asyik bermain dengan gawainya. Setelah saya tanya, ternyata mereka masih kelas 6 SD. Awalnya mereka malu-malu, akhirnya mereka mau saya ajak ke gazebo untuk sama-sama membaca buku. Setelah beberapa waktu, mereka pun pulang.


Kakak Hellin membacakan cerita kepada adik-adik yang sedang bermain di perosotan


           Jam sudah menunjukkan pukul 08.30, awalnya kami ingin pulang, tapi ternyata anak-anak yang datang semakin banyak. Kami pun mengurungkan niat untuk pulang. Di sana datang ibu bersama ketiga anaknya. Kami mencoba membacakan buku pada anak yang pertama, kemudian ibu dan kedua anaknya yang lain akhirnya turut serta membaca buku di gazebo. Suasana semakin ceria setelah anak yang paling kecil ikut membaca buku, lebih tepatnya melihat gambar-gambar yang ada di buku. Tapi si adik ini begitu antusias. Meskipun masih kecil, dia sudah mengenal semua benda yang digambarkan di buku. Anak yang kedua juga tidak mau ketinggalan, ketika ditunjukkan gambar oleh sang ibu, adik ini melontarkan pertanyaan lucu dan tidak terduga yang membuat kami semua tertawa. Sebelum meninggalkan gazebo, ibu ini menanyakan terkait kegiatan ini dan seputar Pena Ananda. Kami pun akhirnya memperkenalkan Pena Ananda dan beberapa program/kegiatan yang dilakukan. Ibu ini memang memiliki perhatian yang lebih pada gerakan literasi dan menganggap penting adanya literasi, sehingga beliau sangat welcome dengan adanya kegiatan seperti ini. Akhirnya, Ibu dan ketiga anaknya pun pamit dan meninggalkan gazebo. Selesailah sudah kegiatan Reading Rally hari ini. Semoga bisa membuat happiness bagi siapapun.

Kakak Dewi membacakan cerita kepada adik yang dipangkunya,
sedangkan adik (baju hitam) asik membaca buku sendiri


Share on Google Plus

About Fitria Nindy

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.