Parenting untuk Orangtua di Desa Plandaan

Oleh: Hevy Yayang S.

                 Minggu, 5 Mei 2019 di Balai Desa Plandaan Kecamatan Kedungwaru telah dilaksanakan kegiatan Bakti Literasi Desa (Bali Desa). Untuk kelompok parenting dengan narasumber Bunda Tjut Zakiyah Anshari yang menyampaikan materi bersama para orangtua mengenai Gerakan Nasional orangtua bacakan Buku. Dimana hari ini tepat satu tahun gerakan itu telah dilaksanakan.

Bunda Tjut Zakiyah Anshari menyampaikan materi parenting

               
 Kebiasaan membaca buku merupakan kebiasaan yang dapat mencerdaskan anak-anak karen
a semua pengetahuan tercakup dalam buku oleh karena itu kegiatan membaca buku harus dilakukan setiap hari walaupun hanya sebentar atau maksimal 15 menit sehari. Di sini Bunda Tjut Zakiyah Anshari juga menyampaikan cara membaca buku kepada anak-anak, manfaat membacakan buku maupun tujuan membacakan buku kepada anak-anak. Anak akan selalu meniru orangtua dan pengaruh lingkungan sangat mempengaruhi anak.
                   Sekolah pertama bagi anak adalah keluarga dan guru pertama bagi anak adalah orang tua. Oleh karena itu, jika seorang anak diberikan pengaruh positif terhadap keluarga maupun orangtua sendiri mereka akan tumbuh menjadi anak yang baik. Kebiasaan membacakan buku sejak dini dapat membuat otak anak menjadi berkembang sehingga dapat mencerdaskan anak. Membiasakan anak membaca akan membuat anak menjadi cerdas dengan begitu akan membuat anak-anak menciptakan lingkungan yang memberikan pengaruh positif bagi teman-teman mereka. Untuk mendapatkan bahan bacaan pun juga tidak harus mahal.

Ibu-ibu praktek membacakan cerita

                 
Buku bisa didapatkan para orangtua dengan cara meminjam buku di perpustakaan, membeli buku bekas atau melakukan arisan buku setiap desa. Dengan arisan buku uang hasil dari arisan bisa dibelikan buku. Buku-buku hasil dari arisan dapat digunakan secara bergantian untuk dibacakan kepada anak-anak mereka. Tidak hanya itu para orangtua kali ini juga diberikan kesempatan untuk mencoba cara membacakan cerita kepada anak-anak. Para orangtua sangat antusias dalam kegiatan parenting yang disampaikan Bunda Tjut Zakiyah Anshari.

Share on Google Plus

About Fitria Nindy

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.