Sabtu Bersama Hafid




Sabtu Bersama Hafid


Gambar: Relawan Erfina saat membacakan cerita untuk Hafid (samaran)

Oleh: Relawan Erfina
            Sabtu (9/2/19), merupakan pengalaman pertama bagi saya membacakan cerita pada pasien anak-anak. Pada pengalaman pertama ini, saya membaca cerita bersama adik Hafid (samaran). Adik Hafid ini berusia 3 tahun. Awalnya adik Hafid menangis dan tidak mau dibacakan cerita. Kemudian saya mencoba membacakannya dan perlahan dia mau mengikuti. Sebenarnya ada rasa ingin tahu dari adik Hafid pada cerita yang saya bacakan. Karena memang kondisinya yang belum benar-benar pulih, dia belum bisa mengikuti dengan sepenuhnya. Meskipun demikian, sesekali adik Hafid bisa menghubungkan sedikit cerita yang saya bacakan dengan keluarganya. Misalnya ketika saya membacakan cerita tentang kue ulang tahun, adik Hafid merespon “Yang ulang tahun itu Mbak Arin” sambil melihat gambar yang ada di dalam buku. Mbak Arin itu adalah kakak kandungnya adik Hafid.
            Dari pengalaman pertama ini, ada beberapa tantangan yang saya alami. Nah, dari tantangan ini membuat saya harus belajar lagi bagaimana menempatkan diri pada pasien anak-anak sehingga kehadiran saya bisa diterima, bagaimana cara mencari perhatian mereka agar mau dibacakan cerita, bagaimana membuat kegiatan membacakan ini lebih menarik, bagaimana menyesuaikan buku yang dibacakan dengan kondisi pasien anak, dan masih banyak lagi.
            Dari kegiatan ini, respon orangtua adik Hafid Alhamdulillah baik dan turut menguatkan cerita yang saya bacakan. Orantua adik Hafid juga menanyakan tujuan dari membacakan cerita tadi. Setelah saya jelaskan sedikit dan saya ajak turut membacakan cerita, beliau merespon dengan baik dan akan mencoba untuk membacakan cerita pada adik Hafid kalau sudah pulih.

Share on Google Plus

About Portofolio Soewandi

Hay! Terimakasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini. Tempat menaruh tulisan-tulisanku berupa script dan screenplay, sekaligus tempatku belajar menulis, dengan segala kekurangan dan kesederhaan yang ada pada blog ini, saya sebagai author mengucapkan selamat membaca :)
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.